Thursday, March 5, 2015

Album Review: Satellite Stories - Vagabonds


Artis : Satellite Stories
Album : Vagabonds
Label : XYZ Recordings

We love Satellite Stories. Or it is just me, actually. It's because you've probably never heard of them before, though Vagabonds is their third album. But, I can assure you that once you've hear their songs, you'll be totally in love with this band.

Satellite Stories, band asal Finlandia ini, kembali dengan album ketiga mereka yang berjudul Vagabonds, setelah album sophomore mereka, Pine Trails, rilis pada tahun 2013 yang lalu. Vagabonds bisa dibilang merupakan salah satu album yang paling saya tunggu-tunggu sepanjang tahun ini karena, well, this is freaking Satellite Stories. Saya biasanya jarang fanboying kepada satu band, tetapi Satellite Stories ini benar-benar sukses membuat saya jatuh hati.

Yang saya suka dari musisi asal Skandinavia dan Islandia adalah mereka menawarkan bunyi-bunyian yang tidak pernah saya temui di musisi dari negara mana pun. Kita bisa mendengar musik Sigur Ros asal Islandia yang luar biasa unik, Highasakite asal Norwegia yang menawarkan musik adem, Royksopp yang menawarkan musik elektronik yang lembut. Satellite Stories ini juga bukanlah perkecualian. Mereka sering dibilang terdengar seperti Two Door Cinema Club, tetapi saya kurang begitu setuju. Sekali mendengar Satellite Stories, saya langsung tahu mereka menawarkan sesuatu yang beda seakan-akan ada instrumen alien yang hanya ada di daerah Skandinavia. Lagu-lagu Satellite Stories merupakan lagu pop/rock yang ceria, menyenangkan, dan menular.

Vagabonds masih terdengar seperti lagu-lagu Satellite Stories yang saya dengar. Album ini diawali dengan track pembuka Vagabonds, dan merupakan awal yang seru untuk album ketiga ini. Vagabonds merupakan lagu yang sangat ceria, dan vokal Esa Mankinen yang unik dan khas menemani sepanjang lagu Vagabonds. Track kedua, Heartbeat, merupakan lagu favorit saya dan juga merupakan lagu kedua yang mereka lepas. Heartbeat ini begitu luar biasa catchy dan mudah didengar. Bagian chorus dari Heartbeat ini merupakan highlight dari lagu ini. Mankinen dan kawan-kawan beristirahat sejenak pada lagu When Love Became, diawali dengan beat yang pelan, dan bertanya-tanya mengapa cinta merupakan hal yang sulit meski masih bisa dibilang When Love Became masih dengan tone yang ceria khas Satellite Stories.

Vagabonds berisikan sebelas buah lagu yang sangat menyenangkan. Album ini merupakan album yang sangat mudah untuk dicerna, bahkan hanya dalam sekali dengar.

Track List:
  1. Vagabonds
  2. Heartbeat
  3. Polarized
  4. Campus
  5. Heroine
  6. When Love Became
  7. Painted Arms
  8. Round and Round
  9. Same Sun
  10. The Trap
  11. With You


No comments:

Post a Comment